Duta Mobil Nusantara

Jual Beli Mobil Bekas Nusantara | 0821 1166 3895

Menu

Tips Tepat Menuju Lombok dan Sumbawa

Wednesday, September 27th 2017.

KOMPAS.com – Setelah Bali, banyak orang mulai tergila-gila dengan Lombok dan Sumbawa. Keduanya menjadi surga bagi mereka yang memburu gelombang laut untuk memuaskan hasrat berselancar. Senggigi, Kuta, Gili Terawangan mampu menyihir wisman untuk datang dan kembali lagi ke Lombok. Sementara tak kalah menariknya, Sumbawa memiliki Maluk dan Kanawa.

Bagi yang belum pernah ke Lombok dan Sumbawa, urusan transportasi dan akomodasi menjadi hal yang memusingkan. Masalahnya, semua pasti ingin mendapatkan berwisata dengan uang yang seminim mungkin serta efisien dalam hal waktu. Salah perhitungan, bisa jadi uang banyak melayang tanpa banyak obyek wisata yang dikunjungi.

Tersedia beragam moda transportasi ke Lombok dan Sumbawa, ada jalur darat dengan bus serta jalur udara dengan pesawat. Baik tujuan akhir Lombok maupun Sumbawa, langkah pertama, Anda harus menempuh perjalanan dari kota asal menuju Lombok terlebih dahulu sebelum akhirnya ke wilayah lain.

Sebagian orang berpikir bahwa naik bus lebih efektif dan hemat. Tapi ternyata tidak. Jika naik bus dari Jakarta misalnya, biayanya mencapai Rp 400.000 dan waktu tempuhnya bisa dua hari! Sangat tidak efektif. Bila berasal dari kota-kota yang jaraknya jauh dari Lombok, lebih baik menggunakan pesawat.

Biaya pesawat dari Jakarta ke Lombok adalah sekitar Rp 700.000 dengan waktu tempuh hanya 1,5 jam. Anda akan mendarat di Bandara Internasional Lombok di Kabupaten Lombok Tengah yang baru diresmikan pada Oktober 2011. Dari sini, Anda tinggal memutuskan apakah Lombok menjadi tujuan akhir atau masih akan melanjutkan ke Sumbawa.

Bila masih melanjutkan ke Sumbawa, perjalanan harus ditempuh lewat darat dan laut dengan menggunakan bus, travel atau mobil sewaan. Jika memilih bus, Anda tinggal naik Damri dari Bandara Lombok menuju Mataram dengan biaya Rp 15.000 kemudian lanjut dengan Damri trayek Mataram – Sumbawa dengan biaya Rp 65.000.

Sementara, bila menggunakan travel, Anda akan membayar biaya Rp 70.000 dari Mataram ke Sumbawa. Untuk mobil sewa, biayanya adalah Rp 250.000 per hari. Waktu tempuh Mataram-Sumbawa baik memakai bus, travel dan mobil adalah sekitar 3-4 jam. Anda juga harus menyeberangi Selat Alas menggunakan feri, yakni laut yang memisahkan Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Sampai di tempat tujuan, giliran mencari penginapan. Di Lombok, pilihan penginapan yang paling beragam ada di sekitar Pantai Senggigi. Biayanya bervariasi. Untuk hotel melati, ada yang hanya Rp 50.000 semalam sementara hotel berbintang mulai Rp 200.000 tergantung jenis kamar dan lokasi yang dipilih.

Di Sumbawa, sudah ada beberapa hotel di sekitar Pantai Maluk. Memilih hotel di dekat pantai paling tepat sebab wisata di Sumbawa tak jauh dari wisata bahari. Biaya penginapan di wilayah tersebut mulai dari Rp 100.000. Untuk hotel yang lebih baik fasilitasnya, biayanya sekitar Rp 250.000 per malam.

Soal transportasi lokal, Lombok sudah cukup maju. Sudah ada 4 perusahaan armada taksi yang bisa dipilih. Keliling Lombok pun lebih mudah. Sementara, di Sumbawa, transportasi masih sedikit sulit. Sewa mobil adalah alternatif terbaik. Bisa juga menggunakan sepeda.

Sebisa mungkin, rencanakan semua destinasi wisata yang hendak dituju sehingga tak membuang waktu. Di Lombok, Anda yang tertarik untuk berselancar atau diving bisa ke Senggigi, Kuta atau Gili Trawangan. Kalau Anda ingin melihat kehidupan suku Sasak, datanglah ke Desa Sade yang letaknya tak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Sementara di Sumbawa bisa ke Pantai Maluk, Jelengah, Benete dan wilayah Kanawa. Selamat berwisata!

sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2012/02/13/11444793/tips.tepat.menuju.lombok.dan.sumbawa

Mobil Terbaru

Rp 65jt
Tahun : 2003
Bahan Bakar : Bensin
Transmisi : Manual
Rp 65juta
Tahun : 2003
Bahan Bakar : mesin
Transmisi : manual
Sudah Laku
Rp 130 juta
Tahun : 2013
Bahan Bakar : Premium
Transmisi : Manual
Rp 59 juta
Tahun : 2000
Bahan Bakar : Premium
Transmisi : Manual