Duta Mobil Nusantara

Jual Beli Mobil Bekas Nusantara | 0821 1166 3895

Menu

4 Tips Membeli Mobil Bekas

Wednesday, September 27th 2017.

Solusi untuk memenuhi kebutuhan kendaraan pribadi, sementara dana yang tersedia masih kurang adalah dengan membeli mobil bekas.

#1 : Tentukan tujuan mobil bekas

Ketika membeli mobil pertama, baik mobil baru atau bekas Kita perlu tahu tujuan utama membeli mobil. Apabila aktivitas sehari-hari adalah di dalam kota dengan kondisi lalu lintas yang padat, kendaraan jenis city car mungkin lebih cocok.

#2 : Sesuaikan dengan kondisi keuangan

Ketika membeli mobil ada baiknya sesuaikan tujuan dengan kondisi keuangan. Coba perhatikan tabel perhitungan cicilan utang di atas. Berapa besar bunga yang harus dibayar? Nah jangan sampai Kita memaksakan kondisi keuangan dengan keinginan Kita. Jika dana memang belum bisa memenuhi kebutuhan Kita, sebaiknya negosiasikan dengan agen penjual, leasing atau pihak debitur (perusahaan yang memberikan utang). Apakah mungkin bunga dijadikan flat atau fix dan diberi diskon, apakah mungkin cicilan diperpanjang menjadi 5 tahun. Satu hal yang perlu diketahui ketika Kita memiliki komitmen untuk mengambil utang atau cicilan, Kita harus tau darimanakah sumber pendanaan utang tersebut.

 

#3 : Lihat spesifikasi

Ada beberapa hal teknis yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil bekas. Berikut ini Finansialku mengutip dari sumber solusisahabat.com mengenai spesifikasi dari mobil bekas. Sebelumnya jika Anda bukan orang yang ahli dibidang otomotif ada baiknya Anda mengajak teman, saudara atau membayar montir untuk membantu Anda memilih kendaraan. Hal ini disebut sebagai langkah pencegahan (loss prevention) agar terhindar dari mobil bekas yang sudah kurang bagus mesinnya.

 

  1.  Coba starter kendaraan, apakah mesin mobil bekas tersebut langsung menyala atau tidak? Coba dengarkan apakah terdengar suara-suara yang mengganggu ketika mesin dinyalakan (engine noise)?
  2. Cek lampu, wiper dan semua instrument yang ada di dashboard mobile bekas tersebut. Pastikan semua instrument berjalan dengan baik. Jangan lupa cek juga kondisi air conditioner (ac).
  3. Cek ketebalan kerak hitam di lubang knalpot. Jangan sampai lupa NGOLONG atau mengecek bagian bawah mobil. Perhatikan kemungkinan karat di kolong roda dan area tersembunyi (contoh engsel pintu, frame depan, frame samping).
  4. Jangan lupa, lihat mesin di kap mobil. Coba perhatikan dengan cermat apakah kapnya bersih atau tidak. Apakah ada rembesan oli atau tidak. Selain itu juga lihat kabel-kabel tambahan. Apabila kabel-kabel berantakan dan banyak jumper, hal ini mengindikasikan permasalahan kelistrikan di mobil tersebut.
  5. Cek air-air di kap mobil, seperti oli, air radiator, air wiper, oli rem. Jangan sampai membeli mobil yang pernah kekurangan air radiator. Mobil yang pernah mengalami kekurangan air radiator adalah mobil yang cacat.
  6. Minta untuk test drive, rasakan kopling (jika manual), gas dan rem. Jika kopling coba cek apakah perpindahaan antar gigi masih nyaman atau tidak.
  7. Lihat kondisi interior dan ekstrior mobil bekas.

 

#4 : Cek Dokumentasi

Hal ini adalah yang perlu dilakukan, yaitu dokumentasi. Kita wajib mengecek sejarah penggantian timing belt, sejarah perawatan kendaraan, dokumentasi asuransi dan klaim, documentasi-dokumentasi penting lainnya.

 

Kesimpulan

Berikut ini 4 hal yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil bekas: Pertama: Tentukan tujuan mobil bekas

  1. Tentukan tujuan mobil bekas
  2. Sesuaikan dengan kondisi keuangan
  3. Lihat spesifikasi
  4. Cek Dokumentasi

Kami akan sangat senang jika Anda mau berbagi pengalaman Anda mengenai membeli mobil bekas. Semoga Kami semua dapat belajar dari pengalaman Anda. Terima kasih.

di kutip dari : https://www.finansialku.com/4-tips-membeli-mobil-bekas/

Mobil Terbaru

Rp 65jt
Tahun : 2003
Bahan Bakar : Bensin
Transmisi : Manual
Rp 65juta
Tahun : 2003
Bahan Bakar : mesin
Transmisi : manual
Sudah Laku
Rp 130 juta
Tahun : 2013
Bahan Bakar : Premium
Transmisi : Manual
Rp 59 juta
Tahun : 2000
Bahan Bakar : Premium
Transmisi : Manual